20 TELUR ALBINO BURMESE PYTHON BERHASIL MENETAS

 

 

March 18th 2017

Pasuruan, Bulan Januari 2017 Menjadi bulan pembuka yang sangat spesial bagi Safari Prigen, Jawa Timur. Bagaimana tidak, hampir lebih dari 20 ekor anak Albino Burmese Python berhasil ditetaskankan di safari park terbesar di Asia ini. Saat ini, peranakan ular jenis Burmese Python tersebut masih harus berada di pusat karantina dalam pengawasan ketat tim dokter dan keeper Safari Prigen, Jawa Timur.

 

Tidak seperti di alam bebas, penetasan telur – telur Albino Burmese Python ini dilakukan pada media penetasan buatan yakni vermikulit. Hal ini dilakukan agar tingkat keberhasilan menetas atau daya tetas lebih tinggi ketimbang menetas sendiri. Vermikulit sendiri dijadikan sebagai media penetasan karena vermikulit dapat menjaga kelembapan yang dibutuhkan selama masa pengeraman telur – telur ini.

 

Dari jumlah keseluruhan yakni 21 butir telur, 20 diantaranya dapat menetas dengan sehat. Dan ketika bayi – bayi ular ini telah menetas, mereka tidak akan makan terlebih dahulu selama dua minggu lamanya atau hingga bayi ular mengalami pergantian kulit pertamanya.

 

Dengan adanya kelahiran satwa yang ada diTaman Safari Prigen Jawa Timur, semakin mengukuhkan bahwa Taman Safari Prigen merupakan salah satu lembaga konservasi terbaik di dunia.

 

“Suatu kelegaan dan kepuasan tersendiri dapat berhasil menetaskan telur – telur ini setelah sebelumnya juga pernah mengalami kegagalan dalam mengembangbiakan mereka. Senang rasanya bila mereka bisa hidup di sini dan pengunjung secara dekat bisa berinteraksi dengan mereka dan mengetahui lebih dekat satwa-satwa ini sebagai bagian dari edukasi dan cara kami mengkampanyekan pentingnya konservasi satwa di Indonesia.” imbuh Damar Yosha salah satu Tim Keeper Reptil Safari Prigen Jawa Timur.

 

Y.R.S